Ini Dia Perkembangan Bayi Usia 6 Bulan

Usia bayi yang sudah memasuki 6 bulan merupakan tahapan terpenting untuk bunda dan bayi, bunda akan melihat perubahan bayi yang drastis, dan bunda sudah bisa melihat bagaimana bayi berinteraksi dengan anda. Pada usia bayi 6 bulan dokter biasanya sudah merekomendasikan agar bayi diberikan makanan padat atau makanan pendamping ASI.

Pada usia ini bayi jugah sudah mulai sadar dengan lingkungan sekitarnya, sehingga bayi akan lebih merespon reaksi orang-orang saat berkomunikasi dengannya. Perbanyaklah komunikasi dengan bayi karena pada saat ini bayi sedang berusaha keras mencari perhatian dari orang-orang di lingkungannya terutama dari kedua orangtuanya.

Bayi usia 6 bulan juga akan semakin aktip, dan biasanya sering melakukan gulingan dari posisi telentang ke posisi tengkurap lalu kembali lagi ke posisi telentang. Oleh karena itu anda harus lebih memperhatikannya terutama ketika bayi berada dalam tempat yang tinggi. Dan ketika mengganti popok akan lebih baik jika bunda melakukannya di teras dengan alas matras, hal ini dilakukan untuk mencegah bayi terguling.

Posisi bayi yang sering berguling mungkin tidak terjadi pada setiap bayi yang berumur 6 bulan, karena ada juga bayi yang ketika sudah tengkurap kesulitan untuk kembali telentang. Latihlah bayi untuk tengkurap, hal ini untuk memperkuat lengan dan kaki bayi.

Tunjukan rasa bahagia anda ketika melihat bayi sedang tengkurap dan berguling,  reaksi bahagia bunda akan memberi motivasi pada bayi agar semakin aktip bergerak. Ketika bayi tengkurap anda bisa memberikan bayi mainan sehingga bayi mulai terbiasa dengan gerakan baru.

Pada usia bayi 6 bulan, bayi juga akan memiliki kualitas tidur yang lebih baik, kebanyakan bayi usia 6 bulan akan tidur 6 sampai 8 jam sepanjang malam.

Perkembangan bayi usia 6 bulan bunda akan melihat peningkata berat badan bayi yang melambat, jika awalnya bunda akan melihat setiap kenaikan berat badannya hingga 1 kg, maka usia 6 bulan mungkin hanya sekutar 0,5 kg saja perbulannya.

Perkembangan kognitif usia bayi 6 bulan

Perkembangan bayi yang bisa anda perhatikan ketika usianya menginjak 6 bulan adalah:

Menyentuh

Pada usia bayi 6 bulan, sentuhan bayi akan mulai meningkat. Bayi akan lebih sering menyentuh tekstur benda yang berbeda seperti tekstur lembut, berbulu, kasar dan lainnya. Untuk merangsang kemampuan sensornya, bunda bisa memberikan ,mainan dengan tekstur yang berbeda.

Melihat

Indra penglihatan bayi saat usia 6 bulan juga sudah semakin baik sehingga bayi akan lebih tertarik dengan hal-hal yang berwarna-warni atau mengilap sehingga bayi akan suka memainkannya.

Perkembangan sosial dan emosional bayi usia 6 bulan

Pada usia bayi 6 bulan , bayi juga akan lebih interaktiv ketika berinteraksi dengan orang tuanya atau orang-orang yang sering ditemuinya, namun mungkin akan sebaliknya jika bayi bertemu dengan orang baru, kemungkinan bayi akan menunjukan rasa takut.

Bayi juga akan mulai lebih sering mencari perhatian orang tuanya, oleh sebab itu sebaiknya anda lebih sering berkomunikasi dengan bayi dan berikan ekspresi-ekspresi wajah anda, ajak bicara bayi karena bayi akan memperhatikan ucapan-ucapan anda maupun ekspresi wajah anda. Ajak bayi untuk mengikuti apa yang anda lakukan agar sensor bayi menjadi lebih peka. Anda bisa menirukan beberapa suara hewan serta ucapkan juga nama hewan tersebut.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *