Lantai Vinyl: Solusi Rumah Minimalis Masa Kini

Anda yang mengaku pencinta tempat hunian minimalis, sudah pasti Anda tak asing lagi dengan jenis lantai yang digunakan di rumah minimalis. Salah satu lantai yang sedang populer adalah lantai vinyl. Apa sih yang membuat lantai kayu vinyl ini banyak diminati dan diterapkan di rumah minimalis modern. Selengkapnya berikut ini.

Lantai kayu vinyl

Lantai kayu vinyl adalah lantai yang sering digunakan pada rumah minimalis. Lantai ini dianggap cocok untuk tempat hunian minimalis karena coraknya yang begitu banyak dan juga modern. Bukankah corak modern itulah yang banyak diusung oleh tempat hunian mungil masa kini?

Lantai vinyl terbuat dari bahan PVC. Bahan yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan kayu. Yang membuatnya cocok untuk dijadikan sebagai pilihan para pencinta lantai kayu adalah motif kayu yang disuguhkan. Motif lantai bergambar kayu yang beragam itulah yang menjadikannya menjadi daya tarik tersendir.

Kelebihan lantai vinyl

Tidak mungkin lantai memiliki banyak peminat jika lantai tidak memiliki kelebihan. Seperti lantai kayu vinyl ini, salah satu kelebihan yang dipunyai adalah ragam corak lantainya yang modern dan beragam. Dengan banyak corak lantai yang ditawarkan sudah pasti pemilik rumah akan lebih mudah memilih lantai yang diinginkan.

Tidak hanya itu kelebihan dari lantai kayu vinyl. Bahan lantai kayu yang terbuat dari PVC membuat lantai ini lebih tahan terhadap air. Ketika lantai diguyur air, air akan mudah untuk dihilangkan. Ketahanan lantai terhadap air membuat lantai vinyl sering dipilih untuk lantai andalan luar ruangan seperti beranda dan teras rumah.

Masih ada lagi alasan yang membuat lantai vinyl memiliki banyak peminat. Harga lantai kayu yang murah menjadikan lantai laku keras di pasaran. Lantai kayu dengan harga murah inilah yang sebenarnya sengaja disuguhkan oleh pembuatnya demi menemukan solusi untuk lantai kayu yang pas untuk tempat hunian minimalis.

Kekurangan lantai vinyl

Lantai kayu murah memang memiliki banyak peminat. Tetapi selayaknya sebuah produk buatan manusia, lantai juga memiliki kekurangan. Lantai vinyl yang terbuat dari PVC membuat lantai tidak tahan ketika terpapar suhu dan cuaca yang panas. Bahkan lantai kayu vinyl bisa memuai dan mulai memudar keindahannya.

Kekurangan lantai kayu yang satu ini juga ada hubungannya dari kekurangan lantai yang baru saja dijelaskan. Lantai kayu vinyl yang gampang memuai terbilang tidak cukup awet. Setidaknya jika Anda sudah memutuskan ingin menggunakannya, Anda harus pintar pintar merawatnya, salah satunya dengan mengecatnya secara berkala.

Cara merawat lantai vinyl

Awet atau tidaknya sebuah lantai sebenarnya tergantung dari perawatan yang diberikan oleh pemiliknya. Demikian pula pada saat anda mengaplikasikan lantai vinyl untuk tempat hunian minimalis. Meski lantai vinyl dikenal tidak awet, Anda juga tetap bisa menjadikannya lebih tahan lama.

Cara membuat lantai vinyl tahan lama adalah dengan tidak menaruhnya pada ruangan yang langsung terpapar sinar matahari.anda juga wajib mengecatnya secara berkala agar warnanya tidak lekas memudar. Kedua trik tersebut setidaknya bisa mengatasi sifat lantai vinyl yang mudah memuai dan memudar.

Jadi, lantai vinyl benar benar bisa dijadikan untuk solusi lantai untuk hunian masa kini. Sudah cantik, harga lantai juga tidak membuat pusing pemilik. Tak ada alasan lagi untuk Anda tidak memilihnya. Untuk anda yang masih ragu, kapan anda akan menerapkan lantai vinyl untuk hunian tetap indah?

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *