Cara Mengusir Nyamuk dengan Bahan Alami

Cara mengusir nyamuk yang efektif seringkali dipertanyakan oleh sebagian besar orang. Hal ini wajar saja, sebab nyamuk merupakan salah satu vektor penyakit bagi manusia, seperti malaria, cikungunya, serta demam berdarah. Oleh karena itu, mulai dari pemerintah dan badan kesehatan, banyak yang melakukan pembasmian nyamuk agar penyebarluasan penyakit dapat ditekan.

Perkembangbiakan nyamuk akan semakin cepat dan merajalela ketika musim penghujan, di mana pada musim penghujan ini akan membentuk habitat yang sesuai bagi perkembangbiakan nyamuk. Banyaknya genangan air yang ada di belakang rumah, di semak-semak, di cekungan tanah, di kaleng-kaleng bekas, dan lain sebagainya yang menampung air, dapat menjadi tempat nyaman bagi nyamuk untuk berkembang biak.

Cara Mengusir Nyamuk dengan Bahan Alami

Cara Mengusir Nyamuk yang Efektif dan Aman dengan Bahan Alami

Banyak orang yang memilih cara mengusir nyamuk dengan menggunakan obat nyamuk bakar dan semprot karena dianggap lebih efektif untuk membasmi nyamuk. Akan tetapi obat nyamuk ini justru dapat menyebabkan resistensi serta menimbulkan gangguan kesehatan akibat residu obat nyamuk.

Cara mengusir nyamuk yang efektif dan aman untuk dilakukan salah satunya adalah menggunakan bahan-bahan alami. Terdapat beberapa bahan alami yang mengandung senyawa tertentu yang dapat mengusir nyamuk tanpa menimbulkan efek yang berbahaya bagi kesehatan manusia. Sebab, senyawa-senyawa yang berasal dari bahan alami ini bersifat degradable atau mudah terdegradasi, sehingga setelah mengusir nyamuk, di sekitar kita tidak ada senyawa pengusir nyamuk yang tersisa.

Beberapa cara mengusir nyamuk dengan bahan alami yaitu:

  1. Daun Serai

Daun Serai mengandung senyawa tertentu yang dapat mengusir nyamuk. Penggunaannya adalah dengan memblender daun serai dengan air secukupnya. Kemudian menyaring campuran tersebut dan mengambil airnya. Air hasil blenderan daun serai ini dapat digunakan untuk menyemprot bagian ruangan yang menjadi sarang nyamuk. Dengan cara ini, maka nyamuk akan pergi dan tidak mengganggu.

  1. Lavender dan Ragi

Cara mengusir nyamuk yang lainnya adalah dengan menggunakan minyak lavender dan ragi. Cara penggunaannya adalah dengan mencampurkan minyak lavender dengan sedikit air dan ragi. Aduk sampai rata dan biarkan terbuka di bagian ruangan yang menjadi sarang nyamuk.

  1. Menggunakan Kulit Jeruk

Kulit jeruk ternyata dapat digunakan untuk mengusir nyamuk. Cara mengusir nyamuk dengan menggunakan daun jeruk sangat sederhana, yaitu dengan meletakkan kulit jeruk di bagian ruangan yang menjadi sarang nyamuk. Aroma dari kulit jeruk tidak disukai oleh nyamuk, sehingga dengan meletakkan kulit jeruk di beberapa sudut ruangan, nyamuk akan pergi. Namun, jangan terlalu lama digunakan, karena apabila kulit jeruk membusuk justru akan mengundang nyamuk.

  1. Daun Kemangi

Sama halnya dengan daun Serai, daun Kemangi juga memilki aroma yang dapat mengusir nyamuk. Cara penggunaannya juga sama dengan daun serai, yakni dengan memblendernya dan memanfaatkan airnya untuk disemprotkan ke sudut-sudut ruangan.

  1. Bunga Geranium

Bunga Geranium terbukti ampuh digunakan sebagai salah satu cara mengusir nyamuk. Bunga ini megnandung zat geraniol dan sitronelol yang dapat mengusir nyamuk karena aromanya yang menyengat. Kandungan senyawa tersebut dapat menyebar di udara dengan mudah dan cepat, sehingga efektif dalam membasmi nyamuk. Di berbagai daerah di Indonesia, bunga ini sering disebut sebagai Bunga Tapak Dara.

Cara mengusir nyamuk harus dilakukan dengan tepat dan aman, salah satunya dengan bahan-bahan alami di atas, sehingga selain efektif dalam membasmi nyamuk, kesehatan tubuh juga dapat selalu terjaga.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *