Cara Mengeluarkan Dahak dengan Mudah dan Efektif

Batuk seringkali menjadi gangguan yang membuat tubuh merasa tidak nyaman, terlebih lagi ketika tenggorokan kita terdapat dahak dan sukar dikeluarkan. Pasti kita akan merasakan gatal, serak, dan sebal dan ingin segera bisa mengeluarkan dahak dari tenggorokan kita. Mengeluarkan dahak sebenarnya sangatlah mudah, asalkan kita tahu cara mengeluarkan dahak yang benar dan efektif.

Cara Mengeluarkan Dahak dengan Mudah dan Efektif

Kaitan Warna Dahak dengan Kesehatan

Dahak yang diproduksi oleh tubuh kita dapat menjadi indikator kesehatan tubuh kita saat itu. Dahak adalah lendir atau mucus yang diproduksi di saluran pernafasan yang berperan dalam memerangkap kotoran, bakteri, atau kuman yang masuk ke dalam tubuh kita, melindungi saluran pernafasan, serta menjaga kelembapan saluran pernafasan.

Warna dahak dapat beragam, seperti jernih, kuning kehijauan, dan kemerahan hingga kecoklatan. Warna dahak yang jernih menunjukkan bahwa tubuh kita saat itu sehat namun sedang berusaha menghindarkan tubuh dari bakteri, kuman, atau sebagai respon adanya alergen. Warna kuning kehijauan menunjukkan bahwa saluran pernafasan tengah mengalami infeksi. Sedangkan warna kemerahan hingga kecoklatan menunjukkan bahwa dahak bercampur dengan darah akibat adanya luka atau iritasi dalam saluran pernafasan kita. Apabila seperti ini, sebaiknya segera periksakan ke dokter.

Cara Mengeluarkan Dahak yang Membandel dengan Mudah dan Efektif

Cara mengeluarkan dahak yang membandel dalam saluran pernafasan kita antara lain sebagai berikut:

  1. Mengonsumsi Antihistamin

Antihistamin dapat menjadi obat yang tepat ketika tubuh kita memproduksi dahak akibat adanya reaksi alergi. Obat antihistamin dapat berperan dalam menghambat senyawa histamin yang merupakan penyebab munculnya reaksi alergi. Histamin akan mengakibatkan jaringan di dalam saluran pernafasan membengkak dan memproduksi lendir yang berlebih.

  1. Menggunakan Dekongestan

Dekongestan dapat digunakan untuk mengeluarkan dahak yang membandel dalam saluran pernafasan kita karena berfungsi dalam mempersempit pembuluh darah, membatasi aliran darah serta menekan produksi lendir di saluran pernafasan. Obat jenis dekongestan sudah tersedia dalam bentuk hirup ataupun minum di apotek-apotek. Namun penggunaannya harus sesuai karena jika tidak, maka justru dapat menyebabkan gangguan kesehatan lain.

  1. Menggunakan Ekspetoran

Cara mengeluarkan dahak yang selanjutnya adalah dengan menggunakan ekspetoran. Senyawa ini dapat membantu mengeluarkan dahak yang membandel yakni dengan mengencerkan dahak dalam saluran pernafasan. Akan tetapi, ekspetoran tidak dapat membantu mengatasi iritasi, sehingga hanya membuat saluran pernafasan menjadi nyaman.

  1. Mencukupi Kebutuhan Air Putih

Cara mengeluarkan dahak yang alami dan mudah dilakukan adalah dengan banyak mengonsumsi air putih. Dengan mencukupi kebutuhan air putih tubuh kita, maka lendir yang diproduksi dalam saluran pernafasan juga dapat menjadi semakin encer dan mudah dikeluarkan. Dengan mengonsumsi air putih yang cukup, cairan tubuh yang terbuang juga akan segera tergantikan, sehingga keseimbangan cairan dalam tubuh dapat terjaga.

  1. Menggunakan Air Garam

Cara mengeluarkan dahak dengan bahan alami yang lain adalah dengan menggunakan air garam. Air garam dapat berperan sebagai anti iritasi dan membunuh kuman dalam saluran tenggorokan. Air garam juga dapat meredakan geli pada tenggorokan akibat adanya dahak. Dengan berkumur menggunakan air garam hangat, maka dahak akan semakin mudah dikeluarkan.

Cara mengeluarkan dahak sangat sederhana jika kita mengetahui penyebab utama dan cara mengatasinya. Namun, akan lebih baik apabila kita bisa menjaga kesehatan dan mencegah timbulnya gangguan kesehatan pada tubuh kita, salah satunya dengan menjaga pola hidup kita.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *