7 Peluang Bisnis yang Cocok untuk Mahasiswa

Berbisnis merupakan salah satu bentuk kerja paruh waktu yang bisa di lakukan oleh mahasiswa. Ketekunan dalam berbisnis mampu menghasilkan uang jajan tambahan. Sehingga mahasiswa tak perlu lagi bingung jika harus nongkrong atau pun pergi liburan, karena telah memiliki uang tambahan sendiri.

Sehingga tidak mengganggu uang kuliah atau pun uang kos. Berikut ini adalah jenis peluang usaha yang mudah dan di rekomendasikan untuk di lakukan oleh mahasiswa.

Membuka Layanan Jasa Pengetikan

Membuka jasa pengetikan merupakan salah satu usaha sampingan yang cocok untuk mahasiswa. Mahasiswa yang setiap harinya di sibuk kan oleh makalah, akan cocok jika memulai bisnis pengetikan. Hasil yang di peroleh dari bisnis ini juga lumayan banyak dan tentunya dapat di gunakan sebagai penghasilan tambahan.

Hal tersebut di karenakan, bisnis pengetikan memiliki untung yang lumayan. Hanya berbekal laptop dan kemampuan mengetik dalam waktu yang singkat, dapat menghasilkan banyak uang. Bisnis ini di rekomendasikan bagi mahasiswa yang sedang tidak di sibuk kan oleh tugas yang menumpuk.

Menjadi Penulis Lepas

Penulis lepas adalah bentuk peluangĀ  usaha yang dapat dilakukan mahasiswa. Mahasiswa bisa menjadi penulis artikel dalam salah satu blog. Menjadi penulis lepas sangat mudah, karena tidak ada tuntutan.

Mahasiswa hanya perlu menyelesaikan tulisan tepat pada waktunya dan dapat mengambil job sesuai dengan waktu dan kemampuan yang dimiliki. Setiap artikel yang di tulis juga akan memiliki bayaran yang lumayan. Hal tersebut tergantung dengan banyak atau sedikitnya artikel.

Menjadi Guru Les Privat

Dari pada bergabung dengan lembaga bimbingan belajar, lebih baik menjadi guru privat yang memiliki keuntungan lebih banyak. Letak keuntungan menjadi guru privat yaitu, bisa menyesuaikan waktu dengan jadwal kuliah dan jadwal kumpul teman, hasil yang di peroleh tidak di bagi dengan lembaga dan tidak ada tuntutan dari lembaga.

Tarif yang di tentukan dalam menjadi guru les privat setiap tatap muka. Sehingga tarif akan di bayarkan secara langsung selesai pembelajaran. Sehingga mahasiswa tidak harus menunggu satu bulan lamanya untuk mendapatkan uang.

Berjualan Makanan Ringan

Berjualan makanan ringan adalah usaha sampingan yang saat ini sering di jalankan oleh mahasiswa. Makanan ringan yang sering di jajakan yaitu, salad buah, seblak hingga makanan seperti nasi kotak dan sebagainya.

Bahkan mahasiswa sering membuat makanan kreasi sendiri seperti kombinasi pisang cokelat, jasuke, cilok dan masih banyak lagi. Hasil dari penjualan makanan ringan dapat di gunakan sebagai uang tambahan.

Bisnis Jualan online

Bisnis jualan online adalah bisnis yang paling banyak di lakukan oleh mahasiswa. Umumnya mahasiswa tidak melakukan stok barang. Barang tersedia jika konsumen telah membayar barang. Sehingga meskipun tak memiliki modal yang banyak, pekerjaan ini tetap bisa di lakukan.

Menjadi MUA

Bagi mahasiswa yang memiliki kegemaran dalam make up, menjadi MUA adalah hal yang tepat. Bisa menyalurkan bakat dan juga kegemaran. Hasil yang di peroleh dengan menjadi MUA juga lumayan.

Make up wisuda untuk satu kali make up dapat mencapai 200 ribu hingga 250 ribu. Hasil tersebut sangat menggiurkan. Bayangkan saja jika dalam satu hari melakukan make up wisuda sebanyak 4 orang.

Berjualan Aksesoris

Bagi mahasiswa yang memiliki kegemaran dalam merangkai pernak pernik. Hal tersebut dapat di jadikan usaha sampingan dan sumber penghasilan. Seperti pembuatan bros kerudung, pembuatan jepit rambut dan masih banyak lagi.

Hal yang perlu di lakukan hanyalah membuat aksesoris se unik dan semenarik mungkin agar menarik minat para mahasiswa lainnya untuk melakukan pembelian. Selain itu, media sosial juga dapat di gunakan untuk melakukan promosi pada aksesoris yang telah dibuat.

Itulah beberapa pembahasan singkat terkait dengan peluang usaha yang cocok untuk mahasiswa. Mahasiswa harus pintar mengatur keuangan. Sehingga uang tidak cepat habis dan cukup di gunakan untuk hidup sehari-hari.

Selain itu, jika melakukan bisnis, mahasiswa dapat melakukan pertimbangan terlebih dahulu terkait bisnis yang akan di jalankan dan di usahakan tidak mengganggu waktu kuliah. Sehingga meskipun memiliki bisnis, namun tetap tidak membuat perkuliahan terbengkalai. Karena tujuan utama adalah berkuliah.