7 Cara Mengatasi Insomnia agar Tidur Nyenyak

Tidur merupakan kebutuhan vital bagi tubuh manusia. Tidur berperan sebagai waktu istirahat bagi organ-organ tubuh setelah melakukan berbagai aktivitas yang melelahkan di siang hari. Seseorang yang kurang tidur dapat meningkatkan resiko terkena serangan jantung, dan gangguan kesehatan lainnya. Kekurangan tidur yang berlebihan juga dapat menyebabkan gangguan metabolisme tubuh dan gangguan hormonal. Tentunya hal inilah yang dapat membahayakan kesehatan.

7 Cara Mengatasi Insomnia agar Tidur Nyenyak

Akan tetapi, tidak sedikit orang yang mengalami kesulitan untuk istirahat atau tidur meskipun di malam hari. Hal ini sering disebut dengan insomnia atau kesulitan untuk tidur. Berikut tujuh tips yang dapat dijadikan referensi sebagai cara mengatasi insomnia dan dapat tidur dengan nyenyak:

1. Hilangkan Stress

Salah satu hal yang dapat menjadi penyebab insomnia adalah stress. Stress yang berlebih dapat menyebabkan gangguan hormonal sehingga kita tidak merasa tenang, selalu memikirkan permasalahan yang dialami. Hal inilah yang perlu diatasi, sehingga kita merasakan ketenangan dan dapat tidur dengan nyenyak.

Carilah teman yang cocok untuk menuangkan perasaan dan permasalahan agar hati kita merasa lega dan mendapatkan masukan dari teman. Lakukanlah aktivitas-aktivitas yang dapat menghilangkan stress.

2. Buatlah Kondisi Kamar menjadi Nyaman

Kondisi kamar yang kurang nyaman juga dapat menyebabkan seseorang kesulitan untuk tidur. Kondisi kamar yang baik untuk tidur adalah dengan cahaya yang tidak terlalu terang atau gelap, suhu yang sejuk dan tentunya sunyi tanpa ada gangguan dari hal tertentu. Selain itu bisa menggunakan penutup mata agar mendapatkan suasana yang nyaman.

3. Hindari Asupan Kafein

Kafein adalah zat yang memacu tubuh memproduksi hormon adrenalin yang memecahkan gula dan memacu kerja jantung. Hal ini dapat menyebabkan seseorang tetap terjaga dan pastinya akan sulit untuk tidur. Oleh karena itu hindari minuman atau makanan yang mengandung kafei sebelum kita tidur, seperti kopi, teh, atau bahkan nikotin dan alkohol.

4. Hindari Gadget

Alat yang satu ini kini seakan-akan tidak bisa lepas dari keseharian kehidupan manusia. Gadget kita gunakan sebagai alat komunikasi, hiburan, belajar, atau untuk kita melakukan usaha seperti online shop dan sebagainya. Terlalu sibuk bermain gadget atau alat elektronik lainnya dapat menyebabkan kita kesulitan untuk segera tidur dan masuk ke dunia mimpi. Jika kita terlalu sibuk bermain alat elektronik menjelang tidur, kita masih akan terbayang-bayang dan tidak bisa lepas dari gadget atau alat elektronik lainnya. Maka untuk dapat tidur nyenyak, lebih baik matikan terlabih dahulu, atau senyapkan gadget kita, sehingga kita bisa tidur nyenyak.

5. Kurangi Cahaya yang Berlebih

Cahaya yang terlalu berlebih juga dapat menurunkan kenyamanan tidur. Berdasarkan penelitian, 40% orang mengalami kesulitan tidur dengan lampu yang terang. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa 10% orang yang tidur dengan cahaya terang lebih beresiko mengalami gangguan kesehatan. Oleh karena itu, kontrol cahaya kamar untuk mendapatkan kenyamanan dalam tidur, dan tentunya menghindarkan kita dari gangguan kesehatan.

6. Menjaga Kerapian Kamar

Kerapian kamar sering dipandang sebelah mata. Namun, berdasarkan penelitian, kamar berantakan membuat mereka beresiko mengalami insomnia 25% lebih besar orang lain pada umumnya. Oleh karena itu, menghilangkan insomnia juga dapat dilakukan dengan menjaga kerapian kamar.

7. Hindari Makan Menjelang Tidur

Makan memang kebutuhan manusia untuk menghasilkan energi yang akan digunakan dalam beraktivitas. Akan tetapi, makan menjelang tidur sangat tidak dianjurkan karena setelah makan, maka sistem pencernaan kita akan aktif mencerna makanan yang baru saja kita makan. Selain itu, berdasarkan penelitian, makan sebelum tidur juga akan menyebabkan berbagai gangguan kesehatan khususnya pada sistem pencernaan.

Demikian tujuh cara mengatasi insomnia agar tidur bisa nyenyak dan kesehatan tetap terjaga. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *