4 Obat Diare Yang Ada Di Sekitar Kita, Apa Sajakah?

Diare merupakan penyakit yang mudah menyerang siapa saja, baik orang dewasa atau anak-anak. Penyakit ini bisa disebabkan oleh makanan yang kurang bersih, pikiran stress ataupun infeksi kuman. Untuk mengetahui detail pasti faktor penyebabnya dibutuhkan pemeriksaan yang lebih mendalam seperti tes feses, tes darah ataupun pemeriksaan rektum. Namun, diare bukan penyakit yang berbahaya atau mematikan jika ditangani dengan segera. Banyak obat diare dari bahan alami yang ada tersedia di sekitar kita.

Obat Diare Dari Bahan Alami Yang Manjur Dan Mudah

Diare merupakan penyakit yang cukup mudah disembuhkan jika faktor penyebabnya adalah bakteri pada makanan yang tidak higienis. Diare sendiri merupakan proses pembersihan dari serangan bakteri.  Karena pada dasarnya, tubuh memiliki sistem imun yang akan segera bertindak jika ada bakteri menyerang.

Jika Anda bukan orang yang terbiasa meminum obat ketika terserang penyakit, mungkin Anda bisa mencoba beberapa bahan alami di bawah ini untuk menghentikan diare. Diantaranya adalah :

  1. Teh Pahit dan Kental

Teh mengandung senyawa yang bernama Tannin. Senyawa ini terbukti efektif untuk membantu  mengobati diare yang Anda derita. Cukup seduh teh dengan air panas dan diamkan selama beberapa saat. Jangan menggunakan terlalu banyak air agar kandungan teh cukup kental. Jika Anda merasa terlalu pahit, Anda bisa menambahkan madu.

  1. Jambu Biji

Jambu biji memang telah lama dikenal sebagai obat diare yang ampuh. Efeknya bisa cukup cepat. Jambu biji bisa dimanfaatkan buah atau daunnya karena keduanya sama-sama memiliki kandungan Tannin yang cukup tinggi yaitu sekitar 17%. Umumnya, penderita diare akan mengonsumsi jambu biji secara langsung, namun tidak sedikit juga yang lebih memilih dengan cara dijus. Jika ingin memanfaatkan daun jambu biji, Anda bisa merebus tiga atau empat lembar daunnya dengan segelas air. Minum air rebusan jambu biji hingga diare berangsur berkurang.

  1. Pisang

Pisang adalah salah satu buah yang cukup populer dan hampir semua orang menyukainya. Sebagai obat diare, pisang mengandung senyawa yang bernama Pektin yang mampu membuat kotoran menjadi lebih padat. Dengan begitu, diare Anda akan sedikit demi sedikit berkurang. Pisang juga mengandung serat tinggi dan vitamin sehingga tubuh Anda akan memiliki sumber energi untuk memulihkan tenaga.

  1. Cairan Oralit

Oralit merupakan resep yang paling dianjurkan dalam mengatasi diare. Hal ini dikarenakan oralit memiliki kandungan ion yang akan menggantikan cairan tubuh yang banyak terbuang melalui feses. Dengan meminum oralit, Anda akan terhindar dari dehidrasi yang menyebabkan tubuh menjadi lemas. Anda tidak perlu pergi ke apotek untuk membeli obat diare ini, karena Anda bisa dengan mudah membuatnya sendiri. Cara membuat oralit cukup mudah yaitu dengan mencampur setengah sendok teh garam halus dengan dua hingga tiga sendok teh gula dalam air hangat.

Diare tidak boleh disepelekan meskipun bukan penyakit berbahaya, karena jika Anda BAB  terus menerus, akan menyebabkan dehidrasi dan bisa berakibat fatal. Segera minum obat diare alami di atas agar tidak semakin parah.